Anuncio

Anuncio

Biografi J.P.MORGAN



John Pierpont Morgan (17 April 1837 – 31 Maret 1913) adalah seorang pendana, bankir, dan kolektor seni asal Amerika Serikat yang mendominasi keuangan perusahaan dan konsolidasi industri pada saat itu. Pada tahun 1892, Morgan mengatur penggabungan Edison General Electric dan Thomson-Houston Electric Company untuk membentuk General Electric. Setelah mendanai pembentukan Federal Steel Company, ia bergabung dengan Carnegie Steel Company pada tahun 1901 dan sejumlah industri baja dan besi lainnya, termasuk Consolidated Steel and Wire Company yang dimiliki oleh William Edenborn, untuk membentuk United States Steel Corporation.
Morgan meninggal dunia di Roma, Italia, dalam tidurnya pada usia 75 tahun, meninggalkan kekayaan dan bisnisnya kepada putranya, John Pierpont "Jack" Morgan, Jr., dan mewariskan puri dan koleksi bukunya kepada The Morgan Library & Museum di New York.
Pada puncak karier Morgan sepanjang awal 1900-an, ia dan mitranya melakukan investasi di berbagai perusahaan besar dan dituduh mengendalikan keuangan negara oleh para kritikus. Ia memimpin koalisi perbankan yang menghentikan Kepanikan 1907. Ia adalah pendana berpengaruh pada Zaman Progresif, dan dedikasinya terhadap efisiensi dan modernisasi turut membantu mengubah bisnis di Amerika Serikat. Morgan meluruskan arti konservatisme dalam hal kekuatan finansial yang digabungkan dengan komitmen kuat terhadap agama dan budaya tinggi.

http://www.jpmorgan.co.id

Post a Comment

0 Comments