Anuncio

Anuncio

Aplikasi Remote PC

Remote access dengan segala kecanggihan fungsinya memungkinkan para pengguna komputer dapat mengakses komputer lain dari mana saja, asalkan pengguna komputer tersebut dan komputer lain yang menjadi sasarannya tersambung ke internet atau LAN. Dengan demikian, seseorang tidak perlu harus terus berada didepan komputer kerjanya untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang harus diselesaikannya. Salah satu bentuk dari remote access yang banyak digunakan saat ini adalah remote desktop. Dengan remote desktop seseorang tidak hanya akan mendapatkan akses ke sebuah komputer saja, tetapi juga bisa secara langsung melihat tampilan desktop dari komputer yang di-remote-nya.

Aplikasi

1. TeamViewer

Aplikasi Remote Desktop Gratis Terbaik untuk PC teamviewer
Bagi saya TeamViewer adalah aplikasi remote desktop gratis paling mudah yang pernah saya gunakan. Walaupun ada banyak fitur besar pada aplikasi ini, tetapi tidak sulit untuk untuk menginstal TeamViewer. Kamu tidak memerlukan perubahan pada konfigurasi router atau firewall.
Selain adanya dukungan untuk video, panggilan suara, dan chatting, TeamViewer juga memungkinkan transfer file, mendukung wake-on-LAN (WOL), dan bahkan dapat melakukan reboot PC secara remote dan kemudian terkoneksi kembali secara otomatis.

Sisi Host

Komputer yang ingin kamu hubungkan dengan TeamViewer bisa berupa komputer Windows, Mac, atau Linux.
Versi full dengan installer menjadi pilihan yang baik untuk di instal pada sisi host dan merupakan pilihan yang aman jika kamu tidak yakin apa yang harus dilakukan.
Sebuah versi portabel yang disebut TeamViewer QuickSupport juga pilihan yang baik jika kamu ingin melakukan remote hanya sekali atau jika tidak memungkinkan menginstal TeamViewer pada komputer host tersebut.
Opsi terakhir adalah TeamViewer host dan ini merupakan versi terbaik jika kamu sering dan berkelanjutan melakukan remote pada komputer host tersebut.

Sisi Klien

TeamViewer memiliki sejumlah pilihan untuk terhubung ke komputer yang ingin kamu kontrol.
Aplikasi yang dapat diinstal maupun versi portablenya tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux, serta aplikasi mobile untuk iOS, BlackBerry, Android, dan Windows Phone, yang berarti kamu dapat menggunakan ponsel atau tablet untuk terhubung ke komputer host dari jarak jauh saat bepergian.
TeamViewer juga memungkinkan kamu juga menggunakan web browser untuk mengakses komputer host.
Sejumlah fitur lainnya juga termasuk, seperti kemampuan untuk berbagi satu jendela aplikasi dengan orang lain (bukan keseluruhan desktop) dan pilihan untuk print file secara remote ke printer lokal.
Sistem operasi yang didukung TeamViewer termasuk Mac, Linux, Windows 10, 8, 7, Vista, XP, 2000, Windows Server 2012/2008/2003, Chrome OS, dan Windows Home Server

2. Remote Utilities

Aplikasi Remote Desktop Gratis Terbaik untuk PC remoteutilities
Remote Utilities merupakan aplikasi remote desktop dengan beberapa fitur yang sangat baik. Remote Utilities bekerja dengan menghubungkan dua komputer dengan apa yang mereka sebut “Internet ID“. Kamu dapat mengontrol 10 PC dengan aplikasi ini.

Sisi Host

Instal bagian dari Remote Utilities yang disebut host pada PC Windows untuk memiliki akses permanen ke konputer tersebut. Kamu juga memiliki pilihan untuk hanya menjalankan Agentyang menyediakan dukungan secara instan tanpa harus menginstal apapun, bahkan dapat menjalankanya dari flash disk.
Komputer host diberikan sebuah Internet ID yang nantinya digunakan klien untuk membuat sambungan ke komputer tersebut.

Sisi Klien

Instal bagian dari Remote Utilities yang disebut Viewer yang digunakan untuk terhubung ke komputer Host atau Agent. Viewer dapat didownload secara terpisah atau mendownload kombinasi Viewer + Host. Kamu juga dapat men-download versi portabel dari Viewer jika kamu lebih suka untuk tidak menginstal apapun.
Menghubungkan Viewer ke Host atau Agen dilakukan tanpa melakukan perubahan router seperti port forwarding, menjadikan setup Remote Utilities sangat mudah. Klien hanya perlu memasukkan nomor Internet ID dan password. Ada juga aplikasi klien yang dapat didownload secara gratis untuk pengguna iOS dan Android.
Modul yang sedikit berbeda pada Viewer sehingga kamu benar-benar dapat mengakses komputer dari jarak jauh tanpa melihat layar. Berikut merupakan beberapa modul Remote Utilities yang diizinkan: remote task manager, transfer file, kontrol daya untuk remote rebooting atau WOL, remote terminal (akses ke Command Prompt), remote file launcher, text chat, remote registry access, system information manager, dan remote webcam viewing
Selain fitur tersebut, Remote Utilities juga mendukung print jarak jauh dan melihat beberapa monitor. Sayangnya, mengkonfigurasi Remote Utilities jauh membingungkan pada komputer host, karena ada banyak pilihan yang berbeda. Remote Utilities dapat diinstal pada Windows Server 2012, 2008, dan Windows XP, 10, 8, 7, dan Vista.

3. Ammyy Admin

Aplikasi Remote Desktop Gratis Terbaik untuk PC ammyy
Ammyy Admin merupakan Aplikasi remote desktop yang benar-benar portabel dan sangat sederhana dalam setupnya. Ammyy Admin bekerja dengan menghubungkan satu komputer ke komputer lain melalui ID yang disediakan oleh aplikasi.

Sisi Host

Kamu hanya perlu menjalankan Aplikasi remote desktop Ammyy Admin pada komputer yang kamu ingin akses. Tidak ada instalasi yang diperlukan sehingga kamu dapat memulai dengan cepat.
Dari menu yang disebut Ammyy, kamu dapat memilih Service dan kemudian menginstal Service Ammyy Admin sehingga kamu dapat mengakses PC tanpa harus menjalankan program secara manual.

Sisi klien

Untuk terhubung ke komputer host Ammyy Admin, kamu hanya perlu menjalankan aplikasi portabel ini dan masukkan ID dari komputer host.
Setelah terhubung kamu dapat melakukan hal-hal seperti menggunakan clipboard pada PC host, voice chat, dan mentransfer file ke dan dari komputer.

4. UltraVNC

Aplikasi Remote Desktop Gratis Terbaik untuk PC ultravnc
Aplikasi remote desktop lainya dalam daftar ini adalah UltraVNC. UltraVNC hampir sama dengan Remote Utilities di mana server dan viewer diinstal pada kedua PC, dan viewer sendiri digunakan untuk mengontrol server.

Sisi Host

Ketika kamu menginstal UltraVNC akan ada pilihan apakah kamu ingin menginstal Server, Viewer, atau keduanya. Kamu harus menginstal Server pada PC yang ingin kamu kontrol.
Kamu dapat menginstal Server UltraVNC sebagai service pada sistem sehingga selalu berjalan. Ini merupakan pilihan yang ideal sehingga kamu selalu dapat membuat koneksi ke PC host tersebut setiap saat menggunakan aplikasi klien (Viewer).

Sisi klien

Untuk membuat sambungan dengan Server UltraVNC, kamu harus menginstal Viewer pada saat setup.
Setelah mengkonfigurasi port forwarding di router, kamu dapat mengakses server UltraVNC dari mana saja dengan koneksi internet, baik melalui perangkat mobile yang mendukung koneksi VNC, PC dengan Viewer yang terinstal, atau browser internet. Yang kamu butuhkan adalah alamat IP Server (Host) untuk membuat dapat terkoneksi.
UltraVNC mendukung transfer file, chat, share clipboard, dan bahkan dapat melakukan boot dan terhubung ke server pada Safe Mode.

5. AeroAdmin

Aplikasi Remote Desktop Gratis Terbaik untuk PC aeroadmin
AeroAdmin mungkin merupakan Aplikasi remote desktop terrmudah saat ini. hampir ada tidak pengaturan, dan semuanya cepat dan langsung ke tujuan untuk digunakan sebagai support dadakan.

Sisi Host

AeroAdmin terlihat seperti TeamViewer. Kamu hanya perlu menjalankan program portabel dan berbagi alamat IP kamu atau share ID dengan orang lain. Hal ini yang menjadikan komputer klien akan tahu bagaimana terhubung ke host.

Sisi klien

PC klien hanya perlu menjalankan program AeroAdmin yang sama dan masukkan ID atau alamat IP. Kamu dapat memilih View only atau Remote Control sebelum kamu menghubungkan PC kamu dengan komputer host, dan kemudian hanya pilih Connect untuk memulai remote control.
Ketika komputer host menerima sambungan, kamu dapat mulai mengendalikan komputer, berbagi clipboard teks, dan mentransfer file.
Sangat menyenangkan bahwa AeroAdmin benar-benar gratis untuk penggunaan pribadi dan komersial, tapi tidak ada fitur chatting yang disertakan. AeroAdmin dapat diinstal pada Windows 10, 8, 7, XP 32-bit dan 64-bit.

Post a Comment

0 Comments